AJARAN KRISTEN SEBAGAI PENUNTUN HIDUP

ajaran kristen tentang banyak hal

Yesus berkata: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku."

Minggu, 10 Mei 2015

Renungan Harian: Bebas dari Rasa Kuatir

Bacaan: I Petrus 5:6-10
“Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” 
I Petrus 5:8
*courtesy of PelitaHidup.com
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa ayat Alkitab yang behubungan dengan kekuatiran menyebutkan Iblis seperti seekor singa yang berjalan berkeliling sambil mengaum-aum? Kekuatiran dapat terasa seperti sebuah serangan – diri kita terpecah-pecah oleh rasa takut, keputusasaan dan rasa tidak berdaya. Kekuatiran adalah sebuah perasaan yang sangat menyiksa dan melalui ayat di atas kita diingatkan bahwa Iblis sangat mumpuni dalam memanfaatkan titik lemah kita tersebut.
Tetapi, kita tidak perlu hidup dalam kekuatiran karena Allah telah mengatupkan mulut-mulut singa yang mencoba mengancam mereka yang percaya kepadaNya.
“Allahku telah mengutus malaikat-Nya untuk mengatupkan mulut singa-singa itu, sehingga mereka tidak mengapa-apakan aku, karena ternyata aku tak bersalah di hadapan-Nya; tetapi juga terhadap tuanku, ya raja, aku tidak melakukan kejahatan.” Daniel 6:22

Dalam bacaan di atas, Petrus menjelaskan bagaimana caranya agar kita terbebas dari cengkeraman rasa kuatir, yaitu:

1.Rendahkan Dirimu di Hadapan Tuhan
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah merendahkan diri kita di hadapan Allah. Hal yang menyebabkan kita menjadi kuatir adalah karena adanya rasa tidak berdaya terhadap keadaan yang sedang menimpa kita, jadi tanggapan terbaik yang dapat kita lakukan agar terbebas dari rasa kuatir adalah dengan berserah kepada Tuhan yaitu menyerahkan segala sesuatunya kepadaNya dengan pernuh kepercayaan bahwa Allah memiliki segala kuasa untuk mengatur hidup kita. Hal lain yang dapat membangkitkan rasa percaya kita adalah mengerti bahwa Allah senantiasa turut bekerja dalam setiap keadaan yang kita alami untuk kebaikan kita dan untuk kemuliaan namaNya.
“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Roma 8:28

2. Serahkan Kuatirmu Kepada Tuhan
Kita harus ingat bahwa doa merupakan deklarasi ketergantungan kita kepada Allah. Ketika kita merendahkan diri kita di hadapanNya, kita berlutut di hadapan Allah yang Maha Kuasa. Dan karena tidak ada apapun yang dapat menandingi kuasaNya, langkah kedua yang harus kita lakukan adalah menyerahkan kekuatiran kita kepadaNya. Cara termudah yang dapat kita lakukan adalah dengan melatih diri kita untuk mengungkapkan semua masalah, keadaan, rasa kuatir dan apapun yang kita rasakan kepadaNya karena Ia yang akan menyelesaikan semuanya bagi kita. Allah memiliki kewajiban untuk memenuhi semua keperluan mereka yang percaya kepadaNya; tugas dan prioritas utama kita adalah mentaati setiap kehendakNya dan hidup dalam kebenaranNya.
*courtesy of PelitaHidup.com
“Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” Matius 6:31-33

3. Lawan si Iblis dengan Iman Yang Teguh
Hal terakhir yang harus kita lakukan agar terbebas dari rasa kuatir adalah dengan melawan si Iblis dengan iman yang teguh. Dengan kata lain, jangan pernah mengambil kembali rasa kuatir yang sudah kita serahkan kepada Tuhan yang akan membuat kita merasa kuatir lagi. Ketika Iblis menciptakan cara untuk membuat kita berada dalam cengkeraman rasa kuatir, tolak dan lawan setiap kebohongan yang ia ciptakan dan percaya bahwa Allah adalah sumber kekuatan kita yang mengatur semuanya dan pasti akan menyelesaikan segala sesuatunya bagi kita.

Sumber: http://www.pelitahidup.com/2015/05/11/bebas-dari-rasa-kuatir/#.VVAd-PCP8Zc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar